Jumat, 19 Juni 2015

Company Profile

COMPANY PROFILE
PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, Tbk

Logo UMB.jpg



Nama             : Intan Tiara Permatasari
NIM                 : 43113120033
Fakultas         : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Jurusan         : Manajemen Ekonomi Dan Bisnis
                       
           


Universitas Mercu Buana
Jakarta
2014


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………          3
DAFTAR ISI…………………………………………………………………          2
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Deskripsi Adira Finance. ………………………………………....  4    
1.2. Visi dan Misi…. ……………………………………………………  5
1.3 Nilai-Nilai Perusahaan. ……………………………………………  6  
BAB II PEMBAHASAN
2.1.  Strategi Perusahaan . ………………….………………………..  8
2.2. Struktur Organisasi Perusahaan ………………..………………  9         
2.3. Dewan Komisaris…… ……………………………...……………. 10
2.4. Dewan Direksi………………..……………………………............ 12
2.5. Logo Adira Finance……………………………………………….  14
2.6. Kegiatan Usaha…………………………………………………… 18

BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan ……………………………...………………..………. 21
3.2. Saran……………………………………………………………….. 21











KATA PENGANTAR


                   Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan rahmat yang telah di limpahkan-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Sukses Dalam Islam “. Makalah ini berfokus pada Company Profile PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.
                   Dalam rangka ikut berperan serta menunjang proses perkuliahan, kami tim penyusun menyelesaikan sebuah karya dalam bentuk makalah sebagai pelengkap tugas mata kuliah  (Pengantar Manajemen) Program ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami profile suatu perusahaan.
                   Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyusun karya tulis ini, khususnya kepada  Ibu Laurencia Safitri K. MM yang telah banyak memberi kontribusi pengarahan kepada saya.
                   Tak ada gading yang tak retak. Saya menyadari karya tulis ini memiliki kelemahan dan kekurangan baik dalam segi penulisan maupun penyusunan kata, kiranya semua pihak yang menggunakannya dapat memberi sumbangsih pemikiran demi kesempurnaan karya tulis ini.


                                                                                    Jakarta, 5 Desember 2014


Intan Tiara Permatasari
NIM 43113120033


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.        Deskripsi Adira Finance

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Sejak awal Perusahaan telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang terbaik dan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani pembiayaan beragam merek, baik untuk sepeda motor maupun mobil, baru maupun bekas. Melihat pada adanya potensi untuk mengembangkan usaha lebih lanjut, Adira Finance melakukan penawaran umum perdana atas sahamnya pada tahun 2003, yang mana Bank Danamon menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham sebesar 75%, dilanjutkan dengan melakukan akuisisi selanjutnya sebesar 20% saham, menjadikan Bank Danamon memiliki kepemilikan saham sebesar 95% pada tahun 2009. Dengan demikian, Adira Finance menjadi bagian dari Temasek Holdings, perusahaan investasi plat merah asal Singapura.
Memasuki tahun 2013, perekonomian Indonesia mulai mengalami serangkaian tekanan. Pada kondisi ekonomi dunia di mana harga komoditas masih melanjutkan tren penurunan yang memberikan indikasi telah berakhirnya supercycle, ditambah lagi rencana pengurangan stimulus (Quantitative Easing) oleh Federal Reserve, Amerika Serikat, yang menimbulkan kepanikan pada perekonomian secara global dan berujung pada aliran dana asing keluar dari Indonesia.
Tekanan pada ekonomi global kemudian berdampak pada neraca perdagangan Indonesia sepanjang tahun 2013 yang mencatatkan defisit sebesar USD 7,3 miliar. Kondisi inipun turut membuat nilai tukar rupiah terdepresi hingga ditutup pada Rp12.160 per dollar AS. Inflasi melonjak hingga hingga menyentuh tingkat 8,38% pada tahun 2013, dan sebagai langkah pengendalian inflasi, Bank Indonesia mengerek suku bunga acuan secara bertahap hingga ditutup pada tingkat 7,5% pada akhir tahun 2013. Dengan demikian, pada tahun 2013, Indonesia mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,8%.
Walaupun kesemua kondisi di atas tidak terlihat kondusif, namun sesungguhnya perekonomian Indonesia masih kuat secara fundamental. Hal ini dapat dilihat dari industri otomotif Indonesia yang masih mencatatkan pertumbuhan pada tahun 2013, yakni tumbuh 9% untuk penjualan sepeda motor nasional menjadi 7,8 juta unit dan 10% untuk penjualan mobil nasional menjadi 1,3 juta unit.
Saat ini, Adira Finance telah berhasil menjadi salah satu perusahaan pembiayaan otomotif terbesar di Indonesia berdasarkan pencapaian laba, pembiayaan baru dan piutang yang dikelola. Dengan didukung oleh lebih dari 28 ribu karyawan dan 667 jaringan usaha yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Adira Finance melayani lebih dari 3,7 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola sebesar Rp48,3 triliun dan menguasai pangsa pasar 12,6% untuk sepeda motor baru dan 5,4% untuk mobil baru.
Dengan pencapaian tersebut, Adira Finance menjadi kontributor yang signifikan terhadap total portofolio Danamon. Di tahun 2013, Adira Finance telah menyumbang 34% dari total portofolio dan 65% kepada segmen kredit mass-market Bank Danamon.
Guna menghadapi meningkatnya tantangan dan risiko pada tahun 2014 ini, Perusahaan telah mendefinisikan strategi korporasinya dengan tagline “Together We Go To The Next Level Through: Customer Engagement”, di mana strategi tersebut telah dilakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan Perusahaan.

1.2.        Visi dan Misi
Visi
Menciptakan nilai bersama demi kepentingan perusahaan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Misi
  • Menyediakan produk dan pelayanan yang beragam sesuai siklus kehidupan pelanggan
  • Memberikan pengalaman yang menguntungkan dan bersahabat kepada pemangku kepentingan
  • Memberdayakan komunitas untuk mencapai kesejahteraan
Pernyataan Visi dan Misi di atas telah memperoleh persetujuan dari Direksi Perusahaan pada tanggal 9 Juni 2014 dan disosialisasikan kepada Karyawan Perusahaan.
1.3.        Nilai – Nilai Perusahaan
Adira TOP selalu menjadi bagian dari nilai-nilai pribadi setiap karyawan Adira Finance dan merupakan suau budaya yang menggerakkan aktivitas bisnis perusahaan.
(Advance) Keunggulan
·         Satu langkah lebih baik dan lebih cepat dibandingkan orang lain pada umumnya atau pesaing;
·         Mempunyai gambaran ke depan yang jelas dan terarah; dan
·         Handal mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam segala keadaaan.
(Discipline) Disiplin
  • Mengarah kepada sesuatu yang lebih baik melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan perbaikan secara terus-menerus;
  • Cara berpikir dan cara bersikap yang sesempurna mungkin; dan
  • Bersikap disiplin sesuai dengan norma organisasi.

(Integrity) Integritas
  • Berkomitmen yang disertai dengan sikap yang konsisten;
  • Dapat dipercaya (jujur dan tulus);
  • Dapat menjaga etika usaha;
  • Mempunyai rasa memiliki yang tinggi; dan
  • Menjadi panutan bagi karyawan lainnya.
(Reliable) Dapat Diandalkan
  • Mempunyai mental seorang juara, yang tercermin dari perilaku yang senantiasa berpikir positif dan cerdas; dan
  • Rasa tanggung jawab yang penuh terhadap segala sesuatu yang dilakukan. (Accountable) Akuntabilitas
  • Menyampaikan sesuatu berlandaskan pada data fakta; dan
  • Keterbukaan yang obyektif dan bijaksana.

(Teamwork) Kerjasama
  • Sinergi;
  • Bersedia berkorban satu sama lain; dan
  • Tidak saling menyalahkan satu sama lain.

(Obsessed) Motivasi Tinggi
  • Bekerja dengan proses yang benar dan berorientasi pada hasil yang optimal;
  • Motivasi yang tinggi dalam bentuk bersedia melakukan pekerjaan lebih dan bersikap proaktif;
  • Meningkatkan keahlian; dan
  • Saling menjaga atau memelihara satu sama lain.

(Professional) Profesional
  • Berorientasi kepada konsumen;
  • Kemampuan memimpin yang handal; dan
  • Mempunyai jiwa kewirausahaan yang mampu mengkalkulasikan risiko, inovatif dan kreatif.


BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.        Strategi Perusahaan

1.    Fokus kepada Portofolio dengan Tingkat Pengembalian yang Tinggi
Perusahaan memfokuskan aktivitas pembiayaannya pada aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi, dengan tetap memperhatikan kualitas dari aset tersebut.
2.    Penerapan Manajemen Risiko Secara Hati Hati
Kajian secara menyeluruh atas kemampuan finansial dari setiap calon konsumen dan mewajibkan pembayaran minimum atas uang muka.
3.    Komitmen untuk Produktifitas dan Efisiensi
Penyempurnaan sistem dan prosedur secara terus menerus untuk meningkatkan produktifitas, mendukung aktivitas keuangan dan meningkatkan efisiensi.
4.    Hubungan yang Kuat dan Erat
Perusahaan sangat menyadari bahwa hubungan yang kuat dan erat dengan konsumen dan rekan usaha merupakan salah satu kunci kesuksesan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya menjaga hubungan baik serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan baik bagi konsumen maupun rekan usaha.
5.    Perluasan Layanan Usaha
Dalam upaya untuk menjangkau dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan rekan usaha, Perusahaan terus mengembangkan layanan usahanya agar dapat semakin dekat dengan konsumen dan rekan usaha.
6.    Pengembangan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia
Perusahaan sangat memahami bahwa teknologi informasi dan sumber daya manusia memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya untuk mengembangkan teknologi informasi dan sumber daya manusianya secara berkesinambungan.
7.    Sinergi dengan Perusahaan Induk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk
Produk-produk gabungan, perluasan jaringan dan potensi usaha berbasis konsumen dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk telah menciptakan sinergi usaha yang strategis.
8.    Diversifikasi Sumber Pendanaan yang Seimbang
Perusahaan selalu berusaha dalam mencari sumber pendanaan yang stabil dan kompetitif dalam mencukupi kebutuhan pendanaan, selain dengan dukungan penuh dari Induk Perusahaan, Adira Finance juga bergerak ke arah diversifikasi ke berbagai pilihan yang tersedia dalam pasar modal dalam upaya menangkap peluang bisnis yang ada sehingga akan terus terjaga struktur pendanaan yang efektif dan seimbang.

2.2.        Struktur Organisasi Perusahaanhttp://www.adira.co.id/pagesfile/struktur-organisasi_large.jpg

2.3.        Dewan Komisaris

http://www.adira.co.id/pagesfile/ho-hon-cheong_large.jpg 

Warga Negara Malaysia, 58 tahun. Memperoleh gelar Master in Business Administration dari Mc Gill University, Amerika Serikat, pada tahun 1980.

Diangkat sebagai Komisaris Utama Perusahaan dalam RUPS Tahunan pada tanggal 28 April 2011 dan diangkat kembali berdasarkan RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012.
http://www.adira.co.id/pagesfile/djoko-sudyatmiko_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 68 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Muda di bidang Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1968.

Diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 23 Juni 2004 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris merangkap Komisaris Independen Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012.
http://www.adira.co.id/pagesfile/eng-heng-nee-philip_large.jpg 

Warga Negara Singapura, 66 tahun. Memperoleh gelar Bachelor of Commerce di bidang Akuntansi dari University of New South Wales, Australia, pada tahun 1969 dan menjadi Anggota dari the Institute of Chartered Accountants di Australia sejak tahun 1971.

Diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 5 Juni 2007 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris merangkap Komisaris Independen Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012.
http://www.adira.co.id/pagesfile/pande-radja-silalahi_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 63 tahun. Memperoleh gelar Ph.d di bidang Public Finance dari Kobe University of Commerce, Jepang pada tahun 1980.

Diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 28 April 2011 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris merangkap Komisaris Independen Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012.
http://www.adira.co.id/pagesfile/muliadi-rahardja_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 53 tahun. Memperoleh gelar Master in Business Administration dari Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, pada tahun 1998 dan gelar Sarjana Akuntasi dari Universitas Indonesia pada tahun 1984.

Diangkat sebagai Komisaris Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 7 April 2010 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012.
http://www.adira.co.id/pagesfile/vera-eve-lim_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 47 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumanagara pada tahun 1989.

Diangkat sebagai Komisaris Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 7 April 2010 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012.


2.4.        Dewan Direksi
http://www.adira.co.id/pagesfile/willy-suwandi-dharma_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 56 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Terbuka, Jakarta pada tahun 1992 dan gelar Sarjana Pertanahan (Insinyur) dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1981.

Diangkat sebagai Direktur Utama Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 17 Mei 2012.
http://www.adira.co.id/pagesfile/marwoto-soebiakno_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 46 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Manajemen dari Universitas Kristen Duta Wacana pada tahun 1990.

Diangkat sebagai Direktur Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 23 Januari 2002 dan terakhir diangkat sebagai Wakil Direktur Utama Perusahaan pada tanggal 17 Mei 2013.
http://www.adira.co.id/pagesfile/hafid-hadeli_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 49 tahun. Memperoleh gelar sarjana Akuntansi dari Universitas Trisakti pada tahun 1988.

Diangkat sebagai Direktur Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 21 Juni 2006 dan terakhir diangkat sebagai Direktur Perusahaan pada tanggal 17 Mei 2013.
http://www.adira.co.id/pagesfile/ho-lioeng-min_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 44 tahun. Memperoleh gelar Magister Manajemen dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006 dan gelar Sarjana Teknik dari Universitas Indonesia pada tahun 1992.

Diangkat sebagai Direktur Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 1 April 2009 dan terakhir diangkat sebagai Direktur Perusahaan pada tanggal 17 Mei 2013.
http://www.adira.co.id/pagesfile/i-dewa-made-susila_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 42 tahun. Memperoleh gelar Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM (IPPM) pada tahun 1995 dan gelar Sarjana Agribisnis dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1993. Mendapatkan gelar Chartered Financial Analyst (CFA) dari Association Investment Management and Research pada tahun 2003

Diangkat sebagai Direktur Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 7 April 2010 dan terakhir diangkat sebagai Direktur Perusahaan pada tanggal 17 Mei 2013.
http://www.adira.co.id/pagesfile/cornel-hugroseno_large.jpg 

Warga Negara Indonesia, 48 tahun, Memperoleh Gelar Insinyur Teknik Informatika diraihnya dari Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta pada tahun 1989. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Ketua Bidang Teknologi Informasi di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Diangkat sebagai Direktur Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 17 Mei 2013.
http://www.adira.co.id/pagesfile/swandajani-gunadi_large.jpg



Warga Negara Indonesia, 39 tahun, bergabung dengan Perusahaan sejak tahun 2002 sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Manusia, Memperoleh Gelar Sarjana Agronomi dari Institut Pertanian Bogor di Bogor pada tahun 1995

Diangkat sebagai Direktur Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 17 Mei 2013.


2.5.        Logo Adira Finance
Logo Adira Finance terbuat dari beberapa karakter huruf yang dirancang khusus, dan bukan menggunaan jenis huruf yang ada. Karena itu tidak diperkenankan untuk membuat reproduksi logo dengan menggunakan jenis huruf yang umum.

Logo ini menggambarkan citra :
  • Modern dan berpikiran maju
  • Dinamis dalam mengikuti perubahan trend dan tekhnologi
  • Fleksibel dan ramah melayani
Struktur pada logo menunjukan hubungan fisik antara jenis logo dengan simbol yang menjadi bagian tak terpisahkan satu sama lain. Logo Adira Fnance merupakan bentuk gambar yang menggunakan tulisan ADIRA sebagai simbolnya.

 
http://www.adira.co.id/pagesfile/logo-01_large.jpg
Ketika akan mengaplikasikan logo ini, hindari untuk melakukan perubahan ukuran pada logo diluar dari standard yang telah ditetapkan. Selalu gunakan petunjuk penggunaan ini, agar dapat menghindari kesalahan dalam pengaplikasian logo Adira Finance
Ukuran minimal logo dan jarak pengaplikasian logo Adira Finance
Jarak kosong yang dimiliki pada logo akan memberikan bagian lepas dari elemen lain, seperti teks atau grafik yang akan menjadi bagian dari simbol logo Adira Finance. Jarak kosong ini , akan memaksimalkan pandangan terhadap logo yang ada.

Dibawah ini adalah contoh ukuran minimal pada pengaplikasian logo dan jarak kosong pada logo Adira Finance

http://www.adira.co.id/pagesfile/logo-02_large.jpg
Warna Logo Adira Finance
Warna dasar logo Adira Finance adalah hitam aksen emas dan platinum. Warna ini dipilih untuk memberikan citra tegas dan berwibawa. Logo Adira Finance dapat diterapkan ke dalam latar belakang warna putih ataupun latar belakang dengan warna terang pada penggunaan nya di dalam printing materials. Hal utama yang harus diperhatikan adalah menjamin setiap penggunaan logo Adira Finance sesuai dengan harmonisasi warna CMYK yang sudah dipilih dan dijadikan sebagai warna standar pada setiap simbol maupun jenis huruf yang bersatu dalam logo Adira Finance. Warna platinum menyimbolkan intelektualitas dan teknologi yang tinggi. Warna ini banyak digunakan untuk menggambarkan millennium dan masa depan.
Sebagai warna logam, silver mencerminkan jiwa muda pemakainya. Secara kesatuan, logo Adira Finance mencerimkan kesatuan yang lebih bersifat holistik. Sebagai sebuah perusahaan yang sudah berkembang secara baik di setiap aspek yang ada dalam perusahaan. Apabila kemudian pada pengaplikasiannya logo Adira Finance harus diterapkan dalam latar belakang hitam maupun latar belakang gelap , maka diperkenankan untuk dapat diberikan aksen garis putih sebagai list dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

http://www.adira.co.id/pagesfile/logo-03_large.jpg








2.6.        Kegiatan Usaha Kami
http://www.adira.co.id/pagesfile/kegiatan-usaha-kami_large.jpg

Ruang Lingkup Pembiayaan
Pada saat ini, ruang lingkup perusahaan dalam pembiayaan meliputi :
 a. Pembiayaan Konsumen
 b. Sewa Guna Usaha
 c. Pembiayaan Konsumen Berdasarkan Prinsip Syariah
Pembiayaan Konsumen
Kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran. 1) 
1) Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 84/PMK.012/2006
Sewa Guna Usaha
Kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (Finance Lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (Operating Lease) untuk digunakan oleh Penyewa Guna Usaha (lessee) selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara angsuran.2)  
2) Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 84/PMK.012/2006
Pembiayaan Konsumen Berdasarkan Prinsip Syariah
Kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran sesuai dengan prinsip Syariah.3)
3) Peraturan Ketua Bapepam-LK No. PER-03/BL/2007
Unit Pembiayaan dan Target Pasar
Objek pembiayaan dari Adira Finance adalah Sepeda Motor dan Mobil untuk kategori mobil penumpang dan komersial, baik unit baru maupun bekas.
Sepeda Motor
Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar di asia tenggara dan ketiga terbesar di dunia setelah China dan India.
Dari segi cara pembelian, sekitar 75% dari pembelian sepeda motor di Indonesia dilakukan secara kredit, sehingga Adira Finance hendak ikut berpartisipasi dalam pemberian kredit terhadap pembelian sepeda motor dimana sepeda motor merupakan pilihan favorit masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
Adira Finance memberikan fasilitas pemberian kredit kepada individu, kelompok nasabah atau perusahaan yang ingin membeli kendaraan baru atau bekas secara kredit dari berbagai merk.
Secara konsisten, Adira Finance selalu berusaha memberikan pelayanan maksimal untuk memenuhi kebutuhan akan sepeda motor baru maupun bekas kepada masyarakat Indonesia.
Mobil
Ditengah kondisi perekonomian dunia yang belum stabil disertai dengan pemberlakuan berbagai peraturan baru di dalam negeri, namun penjualan mobil tetap menunjukkan peningkatan yang tinggi. Kondisi ini menempatkan Indonesia sebagai Negara produsen dan pasar terbesar kedua di Asia Tenggara saat ini.
Didukung dengan kondisi pasar mobil di Indonesia yang cenderung stabil dan seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri mobil dan semakin banyaknya alternatif pilihan jenis mobil yang bisa dimiliki untuk mendukung berbagai jenis aktivitas mulai dari transportasi, usaha, dan keluarga, Adira Finance hendak ikut berpartisipasi dalam pemberian kredit terhadap pembelian mobil untuk mewujudkan kebutuhan masyarakat Indonesia .
Adira Finance memberikan fasilitas pemberian kredit kepada perorangan maupun perusahaan yang berkeinginan membeli mobil baru atau bekas untuk keperluan pribadi, operasional maupun usaha.
Didukung pengalaman di bidang pembiayaan konsumen selama lebih dari 20 tahun, Adira Finance menawarkan fasilitas pembiayaan mobil idaman baik mobil baru maupun mobil bekas dari berbagai macam merk.
















BAB III
PENUTUP
3.1.      Kesimpulan
                        PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk  telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang terbaik dan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani pembiayaan beragam merek, baik untuk sepeda motor maupun mobil, baru maupun bekas. Saat ini, Adira Finance telah berhasil menjadi salah satu perusahaan pembiayaan otomotif terbesar di Indonesia berdasarkan pencapaian laba, pembiayaan baru dan piutang yang dikelola. Dengan pencapaian tersebut, Adira Finance menjadi kontributor yang signifikan terhadap total portofolio Danamon
3.2.      Kritik dan Saran

               Demikian pembahasan dari makalah kami. Kami berharap semoga pembahasan dalam makalah ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca. Dan kami pun berharap pula kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan dalam tugas kami selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar