COMPANY PROFILE
PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, Tbk

Nama : Intan Tiara Permatasari
NIM : 43113120033
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis
Jurusan : Manajemen Ekonomi
Dan Bisnis
Universitas
Mercu Buana
Jakarta
2014
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR……………………………………………………… 3
DAFTAR
ISI………………………………………………………………… 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Deskripsi Adira
Finance. ……………………………………….... 4
1.2. Visi dan Misi….
…………………………………………………… 5
1.3 Nilai-Nilai
Perusahaan. …………………………………………… 6
BAB
II PEMBAHASAN
2.1. Strategi Perusahaan . ………………….……………………….. 8
2.2.
Struktur Organisasi Perusahaan ………………..………………
9
2.3.
Dewan Komisaris…… ……………………………...……………. 10
2.4.
Dewan Direksi………………..……………………………............ 12
2.5.
Logo Adira Finance………………………………………………. 14
2.6.
Kegiatan Usaha…………………………………………………… 18
BAB
III PENUTUP
3.1.
Kesimpulan ……………………………...………………..………. 21
3.2.
Saran……………………………………………………………….. 21
KATA PENGANTAR
Ucapan syukur
kepada Tuhan
Yang Maha Esa atas karunia dan rahmat yang telah di limpahkan-Nya kepada penulis
sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Sukses Dalam Islam “. Makalah ini berfokus
pada Company
Profile PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.
Dalam
rangka ikut berperan serta menunjang proses perkuliahan, kami tim penyusun
menyelesaikan sebuah karya dalam bentuk makalah sebagai pelengkap tugas mata
kuliah (Pengantar Manajemen) Program ini
bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami profile suatu perusahaan.
Kami
ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam
menyusun karya tulis ini, khususnya kepada Ibu Laurencia Safitri K. MM yang telah
banyak memberi kontribusi pengarahan kepada saya.
Tak
ada gading yang tak retak. Saya menyadari
karya tulis ini memiliki kelemahan dan kekurangan baik dalam segi penulisan
maupun penyusunan kata, kiranya semua pihak yang menggunakannya dapat memberi
sumbangsih pemikiran demi kesempurnaan karya tulis ini.
Jakarta, 5 Desember 2014
Intan Tiara Permatasari
NIM 43113120033
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Deskripsi
Adira Finance
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk
atau Adira Finance didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun
1991. Sejak awal Perusahaan telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang
terbaik dan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani pembiayaan beragam
merek, baik untuk sepeda motor maupun mobil, baru maupun bekas. Melihat pada
adanya potensi untuk mengembangkan usaha lebih lanjut, Adira Finance melakukan
penawaran umum perdana atas sahamnya pada tahun 2003, yang mana Bank Danamon
menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham sebesar 75%,
dilanjutkan dengan melakukan akuisisi selanjutnya sebesar 20% saham, menjadikan
Bank Danamon memiliki kepemilikan saham sebesar 95% pada tahun 2009. Dengan
demikian, Adira Finance menjadi bagian dari Temasek Holdings, perusahaan
investasi plat merah asal Singapura.
Memasuki tahun 2013, perekonomian
Indonesia mulai mengalami serangkaian tekanan. Pada kondisi ekonomi dunia di
mana harga komoditas masih melanjutkan tren penurunan yang memberikan indikasi
telah berakhirnya supercycle, ditambah lagi rencana pengurangan stimulus
(Quantitative Easing) oleh Federal Reserve, Amerika Serikat, yang
menimbulkan kepanikan pada perekonomian secara global dan berujung pada aliran
dana asing keluar dari Indonesia.
Tekanan pada ekonomi global kemudian
berdampak pada neraca perdagangan Indonesia sepanjang tahun 2013 yang
mencatatkan defisit sebesar USD 7,3 miliar. Kondisi inipun turut membuat nilai
tukar rupiah terdepresi hingga ditutup pada Rp12.160 per dollar AS. Inflasi
melonjak hingga hingga menyentuh tingkat 8,38% pada tahun 2013, dan sebagai
langkah pengendalian inflasi, Bank Indonesia mengerek suku bunga acuan secara
bertahap hingga ditutup pada tingkat 7,5% pada akhir tahun 2013. Dengan
demikian, pada tahun 2013, Indonesia mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,8%.
Walaupun kesemua kondisi di atas
tidak terlihat kondusif, namun sesungguhnya perekonomian Indonesia masih kuat
secara fundamental. Hal ini dapat dilihat dari industri otomotif Indonesia yang
masih mencatatkan pertumbuhan pada tahun 2013, yakni tumbuh 9% untuk penjualan
sepeda motor nasional menjadi 7,8 juta unit dan 10% untuk penjualan mobil
nasional menjadi 1,3 juta unit.
Saat ini, Adira Finance telah
berhasil menjadi salah satu perusahaan pembiayaan otomotif terbesar di
Indonesia berdasarkan pencapaian laba, pembiayaan baru dan piutang yang
dikelola. Dengan didukung oleh lebih dari 28 ribu karyawan dan 667 jaringan
usaha yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Adira Finance melayani
lebih dari 3,7 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola sebesar Rp48,3
triliun dan menguasai pangsa pasar 12,6% untuk sepeda motor baru dan 5,4% untuk
mobil baru.
Dengan pencapaian tersebut, Adira
Finance menjadi kontributor yang signifikan terhadap total portofolio Danamon.
Di tahun 2013, Adira Finance telah menyumbang 34% dari total portofolio dan 65%
kepada segmen kredit mass-market Bank Danamon.
Guna menghadapi meningkatnya
tantangan dan risiko pada tahun 2014 ini, Perusahaan telah mendefinisikan
strategi korporasinya dengan tagline “Together We Go To The Next
Level Through: Customer Engagement”, di mana strategi tersebut telah
dilakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan Perusahaan.
1.2.
Visi dan Misi
Visi
Menciptakan nilai bersama demi
kepentingan perusahaan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Indonesia.
Misi
- Menyediakan produk dan
pelayanan yang beragam sesuai siklus kehidupan pelanggan
- Memberikan pengalaman yang
menguntungkan dan bersahabat kepada pemangku kepentingan
- Memberdayakan komunitas untuk
mencapai kesejahteraan
Pernyataan Visi dan Misi di atas
telah memperoleh persetujuan dari Direksi Perusahaan pada tanggal 9 Juni 2014
dan disosialisasikan kepada Karyawan Perusahaan.
1.3.
Nilai – Nilai Perusahaan
Adira TOP selalu menjadi bagian dari
nilai-nilai pribadi setiap karyawan Adira Finance dan merupakan suau budaya
yang menggerakkan aktivitas bisnis perusahaan.
(Advance)
Keunggulan
·
Satu
langkah lebih baik dan lebih cepat dibandingkan orang lain pada umumnya atau
pesaing;
·
Mempunyai
gambaran ke depan yang jelas dan terarah; dan
·
Handal
mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam segala keadaaan.
(Discipline)
Disiplin
- Mengarah
kepada sesuatu yang lebih baik melalui proses perencanaan, pelaksanaan,
pengawasan dan perbaikan secara terus-menerus;
- Cara
berpikir dan cara bersikap yang sesempurna mungkin; dan
- Bersikap
disiplin sesuai dengan norma organisasi.
(Integrity) Integritas
- Berkomitmen
yang disertai dengan sikap yang konsisten;
- Dapat
dipercaya (jujur dan tulus);
- Dapat
menjaga etika usaha;
- Mempunyai
rasa memiliki yang tinggi; dan
- Menjadi
panutan bagi karyawan lainnya.
(Reliable)
Dapat Diandalkan
- Mempunyai
mental seorang juara, yang tercermin dari perilaku yang senantiasa
berpikir positif dan cerdas; dan
- Rasa
tanggung jawab yang penuh terhadap segala sesuatu yang dilakukan.
(Accountable) Akuntabilitas
- Menyampaikan
sesuatu berlandaskan pada data fakta; dan
- Keterbukaan
yang obyektif dan bijaksana.
(Teamwork) Kerjasama
- Sinergi;
- Bersedia
berkorban satu sama lain; dan
- Tidak
saling menyalahkan satu sama lain.
(Obsessed) Motivasi Tinggi
- Bekerja
dengan proses yang benar dan berorientasi pada hasil yang optimal;
- Motivasi
yang tinggi dalam bentuk bersedia melakukan pekerjaan lebih dan bersikap
proaktif;
- Meningkatkan
keahlian; dan
- Saling
menjaga atau memelihara satu sama lain.
(Professional) Profesional
- Berorientasi
kepada konsumen;
- Kemampuan
memimpin yang handal; dan
- Mempunyai
jiwa kewirausahaan yang mampu mengkalkulasikan risiko, inovatif dan
kreatif.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
Strategi Perusahaan
1.
Fokus kepada Portofolio dengan Tingkat Pengembalian yang
Tinggi
Perusahaan memfokuskan aktivitas pembiayaannya pada aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi, dengan tetap memperhatikan kualitas dari aset tersebut.
Perusahaan memfokuskan aktivitas pembiayaannya pada aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi, dengan tetap memperhatikan kualitas dari aset tersebut.
2.
Penerapan Manajemen Risiko Secara Hati Hati
Kajian secara menyeluruh atas kemampuan finansial dari setiap calon konsumen dan mewajibkan pembayaran minimum atas uang muka.
Kajian secara menyeluruh atas kemampuan finansial dari setiap calon konsumen dan mewajibkan pembayaran minimum atas uang muka.
3.
Komitmen untuk Produktifitas dan Efisiensi
Penyempurnaan sistem dan prosedur secara terus menerus untuk meningkatkan produktifitas, mendukung aktivitas keuangan dan meningkatkan efisiensi.
Penyempurnaan sistem dan prosedur secara terus menerus untuk meningkatkan produktifitas, mendukung aktivitas keuangan dan meningkatkan efisiensi.
4.
Hubungan yang Kuat dan Erat
Perusahaan sangat menyadari bahwa hubungan yang kuat dan erat dengan konsumen dan rekan usaha merupakan salah satu kunci kesuksesan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya menjaga hubungan baik serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan baik bagi konsumen maupun rekan usaha.
Perusahaan sangat menyadari bahwa hubungan yang kuat dan erat dengan konsumen dan rekan usaha merupakan salah satu kunci kesuksesan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya menjaga hubungan baik serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan baik bagi konsumen maupun rekan usaha.
5.
Perluasan Layanan Usaha
Dalam upaya untuk menjangkau dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan rekan usaha, Perusahaan terus mengembangkan layanan usahanya agar dapat semakin dekat dengan konsumen dan rekan usaha.
Dalam upaya untuk menjangkau dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan rekan usaha, Perusahaan terus mengembangkan layanan usahanya agar dapat semakin dekat dengan konsumen dan rekan usaha.
6.
Pengembangan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia
Perusahaan sangat memahami bahwa teknologi informasi dan sumber daya manusia memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya untuk mengembangkan teknologi informasi dan sumber daya manusianya secara berkesinambungan.
Perusahaan sangat memahami bahwa teknologi informasi dan sumber daya manusia memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya untuk mengembangkan teknologi informasi dan sumber daya manusianya secara berkesinambungan.
7.
Sinergi dengan Perusahaan Induk, PT Bank Danamon
Indonesia Tbk
Produk-produk gabungan, perluasan jaringan dan potensi usaha berbasis konsumen dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk telah menciptakan sinergi usaha yang strategis.
Produk-produk gabungan, perluasan jaringan dan potensi usaha berbasis konsumen dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk telah menciptakan sinergi usaha yang strategis.
8.
Diversifikasi Sumber Pendanaan yang Seimbang
Perusahaan selalu berusaha dalam mencari sumber pendanaan yang stabil dan kompetitif dalam mencukupi kebutuhan pendanaan, selain dengan dukungan penuh dari Induk Perusahaan, Adira Finance juga bergerak ke arah diversifikasi ke berbagai pilihan yang tersedia dalam pasar modal dalam upaya menangkap peluang bisnis yang ada sehingga akan terus terjaga struktur pendanaan yang efektif dan seimbang.
Perusahaan selalu berusaha dalam mencari sumber pendanaan yang stabil dan kompetitif dalam mencukupi kebutuhan pendanaan, selain dengan dukungan penuh dari Induk Perusahaan, Adira Finance juga bergerak ke arah diversifikasi ke berbagai pilihan yang tersedia dalam pasar modal dalam upaya menangkap peluang bisnis yang ada sehingga akan terus terjaga struktur pendanaan yang efektif dan seimbang.
2.2.
Struktur Organisasi Perusahaan
2.3.
Dewan
Komisaris
![]() |
|
Warga Negara
Malaysia, 58 tahun. Memperoleh gelar Master in Business Administration dari
Mc Gill University, Amerika Serikat, pada tahun 1980.
Diangkat sebagai Komisaris Utama Perusahaan dalam RUPS Tahunan pada tanggal 28 April 2011 dan diangkat kembali berdasarkan RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012. |
|||||||||||||||||||||
![]() |
|
Warga Negara
Indonesia, 68 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Muda di bidang Teknik Elektro
dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1968.
Diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 23 Juni 2004 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris merangkap Komisaris Independen Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012. |
|||||||||||||||||||||
![]() |
|
Warga Negara
Singapura, 66 tahun. Memperoleh gelar Bachelor of Commerce di bidang
Akuntansi dari University of New South Wales, Australia, pada tahun 1969 dan
menjadi Anggota dari the Institute of Chartered Accountants di Australia
sejak tahun 1971.
Diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 5 Juni 2007 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris merangkap Komisaris Independen Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012. |
|||||||||||||||||||||
![]() |
|
Warga Negara
Indonesia, 63 tahun. Memperoleh gelar Ph.d di bidang Public Finance dari Kobe
University of Commerce, Jepang pada tahun 1980.
Diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 28 April 2011 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris merangkap Komisaris Independen Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012. |
|||||||||||||||||||||
![]() |
|
Warga Negara
Indonesia, 53 tahun. Memperoleh gelar Master in Business Administration dari
Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, pada tahun 1998 dan
gelar Sarjana Akuntasi dari Universitas Indonesia pada tahun 1984.
Diangkat sebagai Komisaris Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 7 April 2010 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012. |
|||||||||||||||||||||
![]() |
|
Warga Negara
Indonesia, 47 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas
Tarumanagara pada tahun 1989.
Diangkat sebagai Komisaris Perusahaan pertama kali dalam RUPS Tahunan tanggal 7 April 2010 dan terakhir diangkat sebagai Komisaris Perusahaan dalam RUPS Tahunan tanggal 7 Mei 2012. |
|||||||||||||||||||||
2.4.
Dewan
Direksi
|
2.5.
Logo
Adira Finance
Logo Adira Finance terbuat dari
beberapa karakter huruf yang dirancang khusus, dan bukan menggunaan jenis huruf
yang ada. Karena itu tidak diperkenankan untuk membuat reproduksi logo dengan
menggunakan jenis huruf yang umum.
Logo ini menggambarkan citra :
Logo ini menggambarkan citra :
- Modern dan berpikiran maju
- Dinamis dalam mengikuti
perubahan trend dan tekhnologi
- Fleksibel dan ramah melayani
Struktur pada logo menunjukan
hubungan fisik antara jenis logo dengan simbol yang menjadi bagian tak
terpisahkan satu sama lain. Logo Adira Fnance merupakan bentuk gambar yang
menggunakan tulisan ADIRA sebagai simbolnya.


Ketika akan mengaplikasikan logo ini, hindari untuk
melakukan perubahan ukuran pada logo diluar dari standard yang telah
ditetapkan. Selalu gunakan petunjuk penggunaan ini, agar dapat menghindari
kesalahan dalam pengaplikasian logo Adira Finance
Ukuran
minimal logo dan jarak pengaplikasian logo Adira Finance
Jarak kosong yang dimiliki pada logo akan memberikan bagian lepas dari elemen lain, seperti teks atau grafik yang akan menjadi bagian dari simbol logo Adira Finance. Jarak kosong ini , akan memaksimalkan pandangan terhadap logo yang ada.
Dibawah ini adalah contoh ukuran minimal pada pengaplikasian logo dan jarak kosong pada logo Adira Finance

Warna Logo Adira Finance
Jarak kosong yang dimiliki pada logo akan memberikan bagian lepas dari elemen lain, seperti teks atau grafik yang akan menjadi bagian dari simbol logo Adira Finance. Jarak kosong ini , akan memaksimalkan pandangan terhadap logo yang ada.
Dibawah ini adalah contoh ukuran minimal pada pengaplikasian logo dan jarak kosong pada logo Adira Finance

Warna Logo Adira Finance
Warna
dasar logo Adira Finance adalah hitam aksen emas dan platinum. Warna ini dipilih
untuk memberikan citra tegas dan berwibawa. Logo Adira Finance dapat diterapkan
ke dalam latar belakang warna putih ataupun latar belakang dengan warna terang
pada penggunaan nya di dalam printing materials. Hal utama yang harus
diperhatikan adalah menjamin setiap penggunaan logo Adira Finance sesuai dengan
harmonisasi warna CMYK yang sudah dipilih dan dijadikan sebagai warna standar
pada setiap simbol maupun jenis huruf yang bersatu dalam logo Adira Finance.
Warna platinum menyimbolkan intelektualitas dan teknologi yang tinggi. Warna
ini banyak digunakan untuk menggambarkan millennium dan masa depan.
Sebagai
warna logam, silver mencerminkan jiwa muda pemakainya. Secara kesatuan, logo
Adira Finance mencerimkan kesatuan yang lebih bersifat holistik. Sebagai sebuah
perusahaan yang sudah berkembang secara baik di setiap aspek yang ada dalam
perusahaan. Apabila kemudian pada pengaplikasiannya logo Adira Finance harus
diterapkan dalam latar belakang hitam maupun latar belakang gelap , maka
diperkenankan untuk dapat diberikan aksen garis putih sebagai list dengan
ketentuan yang sudah ditetapkan.


2.6.
Kegiatan
Usaha Kami

Ruang Lingkup Pembiayaan
Pada saat ini, ruang lingkup perusahaan dalam pembiayaan meliputi :
a.
Pembiayaan Konsumen
b. Sewa Guna Usaha
c. Pembiayaan Konsumen Berdasarkan Prinsip Syariah
b. Sewa Guna Usaha
c. Pembiayaan Konsumen Berdasarkan Prinsip Syariah
Pembiayaan
Konsumen
Kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran. 1)
Kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran. 1)
1) Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 84/PMK.012/2006
Sewa
Guna Usaha
Kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (Finance Lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (Operating Lease) untuk digunakan oleh Penyewa Guna Usaha (lessee) selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara angsuran.2)
Kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (Finance Lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (Operating Lease) untuk digunakan oleh Penyewa Guna Usaha (lessee) selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara angsuran.2)
2) Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor
84/PMK.012/2006
Pembiayaan
Konsumen Berdasarkan Prinsip Syariah
Kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran sesuai dengan prinsip Syariah.3)
Kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran sesuai dengan prinsip Syariah.3)
3) Peraturan Ketua Bapepam-LK No. PER-03/BL/2007
Unit
Pembiayaan dan Target Pasar
Objek pembiayaan dari Adira Finance adalah Sepeda Motor dan Mobil untuk kategori mobil penumpang dan komersial, baik unit baru maupun bekas.
Objek pembiayaan dari Adira Finance adalah Sepeda Motor dan Mobil untuk kategori mobil penumpang dan komersial, baik unit baru maupun bekas.
Sepeda
Motor
Indonesia
merupakan pasar sepeda motor terbesar di asia tenggara dan ketiga terbesar di
dunia setelah China dan India.
Dari
segi cara pembelian, sekitar 75% dari pembelian sepeda motor di Indonesia dilakukan
secara kredit, sehingga Adira Finance hendak ikut berpartisipasi dalam
pemberian kredit terhadap pembelian sepeda motor dimana sepeda motor merupakan
pilihan favorit masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
Adira
Finance memberikan fasilitas pemberian kredit kepada individu, kelompok nasabah
atau perusahaan yang ingin membeli kendaraan baru atau bekas secara kredit dari
berbagai merk.
Secara
konsisten, Adira Finance selalu berusaha memberikan pelayanan maksimal untuk
memenuhi kebutuhan akan sepeda motor baru maupun bekas kepada masyarakat
Indonesia.
Mobil
Ditengah
kondisi perekonomian dunia yang belum stabil disertai dengan pemberlakuan
berbagai peraturan baru di dalam negeri, namun penjualan mobil tetap
menunjukkan peningkatan yang tinggi. Kondisi ini menempatkan Indonesia sebagai
Negara produsen dan pasar terbesar kedua di Asia Tenggara saat ini.
Didukung
dengan kondisi pasar mobil di Indonesia yang cenderung stabil dan seiring
dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri mobil dan semakin banyaknya
alternatif pilihan jenis mobil yang bisa dimiliki untuk mendukung berbagai
jenis aktivitas mulai dari transportasi, usaha, dan keluarga, Adira Finance
hendak ikut berpartisipasi dalam pemberian kredit terhadap pembelian mobil
untuk mewujudkan kebutuhan masyarakat Indonesia .
Adira
Finance memberikan fasilitas pemberian kredit kepada perorangan maupun
perusahaan yang berkeinginan membeli mobil baru atau bekas untuk keperluan
pribadi, operasional maupun usaha.
Didukung
pengalaman di bidang pembiayaan konsumen selama lebih dari 20 tahun, Adira
Finance menawarkan fasilitas pembiayaan mobil idaman baik mobil baru maupun
mobil bekas dari berbagai macam merk.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
PT. Adira Dinamika
Multi Finance, Tbk telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan
yang terbaik dan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani pembiayaan
beragam merek, baik untuk sepeda motor maupun mobil, baru maupun bekas. Saat
ini, Adira Finance telah berhasil menjadi salah satu perusahaan pembiayaan
otomotif terbesar di Indonesia berdasarkan pencapaian laba, pembiayaan baru dan
piutang yang dikelola. Dengan pencapaian tersebut, Adira Finance menjadi
kontributor yang signifikan terhadap total portofolio Danamon
3.2.
Kritik dan Saran
Demikian pembahasan dari makalah
kami. Kami berharap semoga pembahasan dalam makalah ini dapat membantu dan
bermanfaat bagi pembaca. Dan kami pun berharap pula kritik dan saran dari
pembaca untuk kesempurnaan dalam tugas kami selanjutnya. Sekian dan terima
kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar